Keterampilan Harus Dimiliki di era MEA tahun ini

Memasuki tahun baru sebuah tahun yang baru selayaknya kita bersiap untuk dapat menghadapi perubahan dan juga tantangan baru yang ada di dalam sebuah kehidupan. Pastinya anda yang juga sudah tau baru baru ini kita dengan seputar pembentukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sebenarnya apakah itu Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ? Dan apa fungsinya untuk Indonesia ? Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang merupakan sebuah pasar tunggal untuk barang, jasa, modal dan juga tenaga kerja yang ada di kawasan regional di Asia Tenggara.

Keterampilan Harus Dimiliki di era MEA tahun ini

Diadakannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini bertujuan untuk dapat menjalin kerjasama yang ada di antara Masyarakat Ekonomi Asean terutama dalam hal perdagangan dan juga lapangan pekerjaan. Artinya adalah masyarakat yang ada di Asia bisa bebas saling berjualan dan juga dapat diadakannya pembukaan lapangan pekerjaan bagi Tenaga asing. Sehingga lapangan pekerjaan dan juga penjualan indonesia yang dapat lebih luas di Asia Tenggara begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu penguasaan keterampilan tertentu bisa memberikan sebuah dorongan bagi peningkatan karir anda di antaranya seperti.

Bahasa asing

Menuju tahun 2016, anda nantinya akan menemukan lebih banyak pekerja asing yang mengancam berbagai posisi penting di dalam perusahan lokal maupun juga di perusahaan multinasional. Dengan kemampuan berbahasa asing nantinya akan membuat ada dapat lebih menonjol di antara staf lainnya. Saat ini yang tepat adalah mengambil sebuah kursus atau berlatih sebuah bahasa asing, yang kelak nantinya akan sering digunakan dalam perusahaan tempat anda nantinya bekerja. Seperti beberapa orang yang pernah gagal, mendapatkan sebuah karna beberapa gagal dalam tes bahasa inggris maupun juga lisan. Sekarang perusahan yang walaupun bukan perusahan asing tapi mencari karyawan dengan kemampuan standar bahasa inggris.

Karena ada beberapa perusahan yang menginginkan karyawannya agar dapat menerjemahkan dan menulis sejumlah laporan dalam bahasa Inggris, sehingga ada beberapa orang yang tidak lulus tes. Menurut Sidharta Tedja, yang merupakan salah seorang senior consultant dari perusahaan talent management SHL Indonesia. Sekarang ini ada beberapa perusahaan lokal yang memberikan syarat kemampuan berbahasa Inggris, meski belum tentu hal tersebut akan digunakan sehari-hari. Apalagi ada beberapa staff yang diharuskan presentasi dalam bahasa Inggris ke klien dan beberapa diantaranya merasa tidak percaya diri.

Pesan dan presentasi

Kolega atau juga klien mungkin tidak mengerti apa yang nantinya anda lakukan atau inginkan apabila nantinya anda tidak mampu mengkomunikasikan dengan baik. Ilmu atau bidang yang nantinya anda miliki akan semakin sempurna jika didukung juga oleh sebuah kemampuan presentasi yang efektif. Sehingga nantinya anda tak perlu bergantung kepada orang lain untuk dapat menerjemahkannya. Banyak juga pekerjaan yang cepat atau lambat nantinya akan menuntut sebuah kemampuan menjelaskan dan menjual dengan gagasan secara ringkas dan juga jelas, sekaligus presentasi yang menarik. Menurutnya, sebuah keterampilan tersebut meliputi sebuah kemampuan mengenali lawan bicara serta mengemas pesanan yang harus disampaikan dengan sebaik mungkin. Kemampuan menggunakan perangkat dan juga software untuk bisa menghasilkan sebuah presentasi yang menarik menjadi sebuah hal yang penting.

‘Coding’

Saat ini, beberapa perusahaan atau beberapa produk komersial apa pun seakan mereka “wajib” memiliki sebuah situs Internet dan juga mempunyai sebuah akun resmi di media sosial. Pekerjaan untuk mengelola sebuah situs atau akun media sosial pun sekarang ini menjadi sebuah hal yang semakin terbuka luas dan diminati. Dalam hal ini, keterampilan coding juga menjadi sebuah skill yang dihargai sebagai nilai tambah. Minimal anda nantinya mengerti CSS atau HTML karena posting konten yang masih harus di-styling, ujar Yohan Totting, yang merupakan seorang Google Developer Expert yang berasal dari Bandung. Menurutnya beberapa orang harus menekankan bahwa mereka perlu memiliki sebuah pemahaman coding dasar. Sehingga tidak perlu bergantung pada tim IT jika mengalami suatu kendala ringan.

Kemampuan memecahkan masalah

Kelihaian dalam menghadapi berbagai macam tantangan di tempat kerja nantinya akan membantu anda untuk mendapatkan sebuah pekerjaan atau memperoleh sebuah promosi. Kemampuan mengembangkan sebuah alternatif pilihan dan mencari sebuah solusi akan berguna untuk mencari cara menyiasati keterbatasan sumber daya dan juga waktu. Kualitas dan kemampuan yang satu ini nantinya juga akan menunjukan sebuah kegigihan seseorang, karena sering kali dibutuhkan trial and error untuk menemukan sebuah solusi yang tepat.

Orang tersebut bisa menjadi subject matter expert, karena dirinya nanti cenderung memiliki sebuah keinginan untuk terus memperdalam bidang dan keahliannya. Nantinya juga tidak akan menunggu orang lain atau sistem menyelesaikan masalahnya. Walaupun di perusahaannya ada prosedur dirinya yang tidak tergantung oleh prosedur tersebut. Tapi ia yang akan memanfaatkannya sebagai salah satu alat bantu.

Kepemimpinan dan keinginan berprestasi

Jika ada dua ciri tersebut, kepemimpinan dan juga keinginan untuk dapat berprestasi maka orang tersebut akan cepat direkomendasikan.
Berdasarkan dengan pengalamannya sebagai konsultan yang ada di bidang human resources, keduanya merupakan sebuah kualitas yang jarang sekali ditemukan, di dalam diri pegawai. Sementara itu, perusahaan-perusahaan banyak menantikan sebuah perubahan yang bisa dibawa oleh pekerja-pekerjanya dengan talenta tersebut. Kepemimpinan yang dimaksud nantinya menjadi sebuah hal yang tidak hanya sekedar mengepalai sebuah tim atau sebuah divisi, tetapi mampu menciptakan sebuah hal yang berbeda dan progresif bagi sebuah organisasi.

Untuk itu, seseorang nantinya tidak cukup jika mereka hanya mengandalkan sebuah kerja keras dan keberuntungan. Seperti yang sudah di kutip dalam Rappler.com sekarang ini yang di cari adalah someone who can lead oneself and others kepada sebuah (hasil) yang dirinya tahu tujuannya, dan bagaimana cara mencapainya. Tentunya kunci dari hal tersebut adalah konsistensi yang dimiliki oleh orang tersebut. Jika nantinya perusahan mampu mengatur sebuah perubahan-perubahan yang dibuat dengan baik, kehadiran orang yang memiliki sebuah talenta ini nantinya akan berdampak positif untuk lingkungan kerja dan juga perusahan.

Public Speaking

Dalam sebuah dunia kerja, dimana tentunya tidak akan bisa lepas dari yang namanya sebuah public speaking. Minimal skill ini nantinya akan diperlukan ketika Anda mempresentasikan sebuah hasil karya, laporan, atau apa pun nantinya kepada atasan dan juga seluruh staff. Apalagi jika Anda menjadi sebuah brand ambassador yang memiliki sebuah posisi sebagai wakil dari perusahaan untuk dapat memperkenalkan produk baru anda nantinya kepada mitra kerja atau juga ke khalayak umum.

Itulah beberapa hal penting yang sekarang ini sangat penting dimiliki oleh para pegawai. Khususnya semua orang di saat Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) harus memiliki kemampuan dasar di atas untuk dapat bekerja. Karena sekarang ini pasar dan lapangan pekerjaan yang lebih luas dan lebih ramai, maka anda perlu sesuatu yang menonjol untuk dapat bersaing. Semoga bermanfaat.