Mengenali MEA , Masyarakat Ekonomi Asean

Masyarakat Ekonomi Asean – MEA merupakan perkembangan yang ada di dunia, khususnya lagi di Asia Tenggara yang tergabung dalam ikatan bernama ASEAN. Untuk ASEAN sendiri, diisi oleh negara-negara seperti Indonesia, Thailand, filipina, Malaysia serta Singapura sejak tanggal 8 Agustus 1967 silam. Tujuannya sendiri jelas untuk menjalin yang namanya hubungan kerjasama yang baik diantara negara-negara yang tinggal dikawasan Asia Tenggara ini. nah, dari tujuan ASEAN inilah yang kemudian dibentuk lagi adanya MEA ( Masyarakat Ekonomi ASEAN ). Bersainglah negara-negara ini terhadap suatu sumber daya manusia yang dilihat dari nilai perekonomiannya. Hal ini sudah terlihat jelas dari tahun-tahun sebelumnya.

Bagi kalian para pelajar mungkin sudah tahu mengenai MEA ini, namun sebagaian warga yang tidak begitu banyak mengenyam dunia pendidikan, kurang pemahaman tentang ini pastinya. Nah, disini kita akan membantu sebisa mungkin agar kalian semua mendapatkan pemahaman sejalan mengenai MEA ini.

Untuk MEA sendiri memiliki sebuah sejarah yang lumayan signifikan hasilnya hingga sampai saat ini. dimana awalnya dimulai dari adanya KTT atau Konferensi Tingkat Tinggi yang diadakan di Malaysia, yang nantinya akan menghasilkan suatu misi dan bisa dijalankan pada tahun 2020 ini. nah dari visi inilah timbul tujuan untuk menjadikan sautu kawasan di Asia Tenggara menjadi lebih makmur lagi dalam setiap aspek perekonomian dan juga aspek pembangunan dari negara tersebut. kondisi terbaik dari jalannya MEA ini sendiri terjadi pada tahun 2006 silam dengan ditandatanganinya Deklarasi Cebu.

Tujuan Dari Adanya MEA

Tanpa adanya suatu tujuan, yakni tidak akan mungkin tidak ada tujuan yang pasti dari berjalannya pembentukan MEA ini. walau bisa dilihat tujuan utamanya memang untuk meratakan semua ekonomi bagi seluruh warga masyarakat di kawasan ASEAN itu sendiri. Agar kiranya, nanti tidak akan jauh tertinggal dari negara lainnya. namun, jika kalian lihat dan mendasari tujuan dari deklasrasi cebu ini, akan memiliki beberapa fungsi diantaranya :

  • Terciptanya suatu pasar tunggal = dimana pasar ini mencangkup langsung negara ASEAN yang pusat produksinya langsung memiliki kaitannya pada produk aktivitas ekonomi yang bebas.
  • Kawasan ASEAN menjadi suatu kawasan dengan daya saing ekonomi yang tinggi dengan ditandainya peraturan dalam kompetisi dari ekonomi itu sendiri. Didalamnya masih meliputi Perlindungan dari sang Konsumen, HAKI/ hak atas dasar kekayaan intelektual, perpajakan, serta mencakup aktivitas Ecommerce yang ada.
  • Melakukan pemerataan terhadap pemberdayaan ekonomi di kawasan ASEAN ini. dengan memiliki sasaran utama UKM, yang diutamakan sekali untuk negara Kamboja, Myanmar, Laos serta Vietnam.

Fakta Yang Terjadi Dalam Deklarasi Cebu

Bukan karena hal lain, tujuan dari MEA ini memang terjadi atas dasar Fakta yang ada pada deklarasi cebu yang akan memberikan corak baru bagi ciri ekonomi di kawasan MEA ini. cirinya bisa dilihat seperti :

  • Mengenai iklim ekonomi di kawasan ini akan sangat menjadi Kompetitif.
  • Adanya usaha dalam pemerataan ekonomi di dalam ruang lingkup negara-negara ASEAN.
  • Terjadi suatu integrasi ekonomi global dan juga pelosok , yang menjadi suatu nilai bagi pasar tunggal di kawasan ASEAN.

Dengan begitu, kita mengharapkan nantinya tujuan ini dimengerti oleh masyarakat di Indonesia agar bisa merasakan manfaat dan juga tujuan dibangunnya MEA .

Cara Dalam Mengenal MEA

MEA sendiri memang bukan sesuatu hal yang baru di Indonesia. Karena yang kalian ketahui, bahwasannya Indonesia ini masuk kedalam bagian negara-negara ASEAN yang memang ruang lingkupnyadi Kawasan Asia Tenggara. Untuk bisa kenal dengan MEA ini, kalian bisa saja mengenal dengan cara seperti ini ;

# Jangan Takut Menghadapi MEA

MEA ini sendri merupakan hal yang sudah lama ada, bukan termasuk baru ko pembangunannya. Terhitung sudah 1 dekade belakangan ini. dimana dari 2006 juga sudah ada penyelenggaraan MEA ini. dimana pembangunan ini memang wajar sebagai salah satu sikap yang wajar, mengingat perkembangan ekonomi di tiap negara berbeda-beda secara Fluktuatif. Memanfaatkan keuntungan dari hadirnya MEA ini dengan mengetahui gejolak-gejolak Internasional yang ada.

# Positif Dalam Pemberian Keuntungan

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya bahwasannya MEA ini sendiri memberikan sautu tujuan terhadap pemerataan seumber daya perekonomian di tiap negara ASEAN yang ada. Selain itu juga bisa menurunkan yang namanya ketimpangan di kalangan masyarakat ASEAN. MEA sendiri memiliki tujuan penting terhadap ASEAN yang ingin menjadikan sebuah pasar atau juga produsen dari beragamnya produk-produk dari negara-negara anggotanya.

# Meningkatnya SDM ( Sumber Daya Manusia )

Data di tahun 2014 , kurang lebih ada 76,4 jt jiwa yang bekerja dengan lulusan SMP.  Sekarang jika kita buatkan sebuah presentase berarti kurang lebihnya diangka 64% dari adanya 118 juta jiwa di Indonesia bekerja dengan  lulusan SMP ini. ini menjadi angka yang tinggi bagi rendahnya sautu SDM di Indonesia sendiri. Dengan adanya MEA ini bisa sebagai salah satu ajang untuk mengantisipasi adanya persaingan sumber daya manusia yang terjadi diantara setiap anggotanya di wilayah ASEAN.

# Infrastruktur Yang Ada Meningkat

Seiring berjalannya MEA ini, sudah terbukti dalam beberapa kasusu di negara ASEAN ini bahwasannya ada sejumlah peningkatan terhadap Infrastruktur serta sarana pendukung yang lainnya. negara akan bisa berkemabng pesat dan juga maju dengan didukung adanya sebuah prasarana dan saran yang memadai. Maka dari itu MEA bisa menghadirkan hal ini agar nantinya anggota ASEAN seperti Indonesia ini bsia berkembang lebih maju lagi menju taraf yang memang sangat sesuai dengan standarisasinya.

Anggota MEA Dengan Keuntungannya

Selain keutnungan yang pastinya di miliki oleh negara yang berada di kawasan ASEAN ini, ternyata juga berkeuntungan lainnya bagi anggota yang masuk kedalam MEA ini. ILO sendiri sudah menyebutkan bahwasannya pasar tenaga kerja nantinya bisa mendatangkan pemanfaatan yang besar. Selain terciptanya lapangan kerja baru, hal ini juga dapat meningkatkan kurang lebihnya kesejahteraan bagi 600 juta jiwa yang memang hidup di Kawasan Asia Tenggara ini.

Tahun 2015, ILO memberikan rincian seperti ;

“ TKP ( Tenaga Kerja Profesioan ) up 41% atau 14 juta jiwa. Sedangkan untuk TKKM ( Tenaga Kerja Kelas Menengah  ) up 22% atau 38 juta jiwa. Sementara itu KLR ( Tenaga Kerja Lever Rendah ) akan mengalami peningkatan sekitar 2,4 % atau 12 juta jiwa saja.”  Dan data ini juga didukung oleh pernyataan abhwasannya banyak diketemukan berbagai perusahaan yang menempatkan pegawainya yang kurang terampil pada bagian tertentu.

Manfaat Indonesia Dengan Hadirnya MEA

MEA sendiri menghadirkan beebrapa manfaat yang bisa negara Indonesia nikamti, yakni ;

  • Menjadikan Ekonomi Negara menjadi ekonomi yang stabil.
  • Terdapat sebuah keuntungan Ekspor Dan Impor yang terjadi di Indonesia.
  • Adanya sebuah peningkatan mengenai INVESTASI.
  • Terdapat sebuah Industri yang kreatif.
  • Menambahkan laba dari negara Indonesia ini.

Sudah pasti, dengan keuntungan seperti itu, masyarakat menjadi sejahtera. Tapi pertanyaanya adalah “ Apakah Saat Ini Masyarakat Sudah Mendapatkan Kesejahteraan Tersebut ?”.